Judul : GUI Lanjutan
link : GUI Lanjutan
GUI Lanjutan
- Membuat Form Sederhana
Ubah property name dan text dari masing-masing komponen form menjadi seperti berikut:
Komponen | Name | Text |
jLabel1 | lblNama | Nama |
jLabel2 | lblJK | Jenis Kelamin |
jLabel3 | lblHobi | Hobi |
jLabel4 | lblJurusan | Jurusan |
jTextField1 | txtNama | Kosong |
jRadioButton1 | rbLaki | Laki-Laki |
jRadioButton2 | rbPerempuan | Perempuan |
jCheckBox1 | cbHobi1 | Makan |
jCheckBox2 | cbHobi2 | Tidur |
jCheckBox3 | cbHobi3 | Internetan |
jCheckBox4 | cbHobi4 | Shopping |
listBox1 | lstJurusan | List Nama Jurusan |
jButton1 | btnSubmit | Submit |
Tambahkan code berikut pada btnSubmit
private void btSubmitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
String nama = "";
String jenisKelamin = "";
String hobi = "";
String jurusan = "";
String info = "";
nama = txtNama.getText();
if (rbLaki.isSelected()) {
jenisKelamin += "Laki-Laki";
} else {
jenisKelamin += "Perempuan";
}
if (cbHobi1.isSelected()) {
hobi += "Makan ";
}
if (cbHobi2.isSelected()) {
hobi += "Tidur ";
}
if (cbHobi3.isSelected()) {
hobi += "Internetan ";
}
if (cbHobi4.isSelected()) {
hobi += "Shopping ";
}
jurusan = lstJurusan.getSelectedValue().toString();
info = "Nama Saya adalah " + nama + "\n.";
info += "Jenis Kelamin : " + jenisKelamin + "\n.";
info += "Hobi : " + hobi + "\n.";
info += "Jurusan : " + jurusan;
JOptionPane.showMessageDialog(null, info);
- Membuat Kalkulator Sederhana
Komponen | Name | Text |
jButton1 | btn0 | 0 |
jButton2 | btn1 | 1 |
jButton3 | btn2 | 2 |
jButton4 | btn3 | 3 |
jButton5 | btn4 | 4 |
jButton6 | btn5 | 5 |
jButton7 | btn6 | 6 |
jButton8 | btn7 | 7 |
jButton9 | btn8 | 8 |
jButton10 | btn9 | 9 |
jButton11 | btnTitik | . |
jButton12 | btnHapus | c |
jButton13 | btnTambah | + |
jButton14 | btnKurang | - |
jButton15 | btnKali | * |
jButton16 | btnBagi | / |
jButton17 | btnHasil | = |
jTextField1 | display | kosong |
Source Code:
String angka="";
double hasil, angka1,angka2;
int pilih;
public Kalkulator() {
initComponents();
}
private void btn0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="0";
display.setText(angka);
}
private void btn1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="1";
display.setText(angka);
}
private void btnTitikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
angka +=".";
display.setText(angka);
}
private void btn2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="2";
display.setText(angka);
}
private void btn3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="3";
display.setText(angka);
}
private void btn4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="4";
display.setText(angka);
}
private void btn5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="5";
display.setText(angka);
}
private void btn6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="6";
display.setText(angka);
}
private void btn7ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="7";
display.setText(angka);
}
private void btn8ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="8";
display.setText(angka);
}
private void btn9ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="9";
display.setText(angka);
}
private void btnTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka = "";
pilih = 1;
}
private void btnKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka = "";
pilih = 2;
}
private void btnKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka = "";
pilih = 3;
}
private void btnBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka = "";
pilih = 4;
}
private void btnHasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch (pilih ){
case 1 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;
case 2 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;
case 3 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;
case 4 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;
default :
break;
}
}
private void btnHapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
display.setText("");
angka1=0;
angka2=0;
hasil =0;
angka="";
}
Referensi : Modul Praktikum PBO UKDW
Demikianlah Artikel GUI Lanjutan
Sekianlah artikel GUI Lanjutan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel GUI Lanjutan dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2015/02/gui-lanjutan.html