GUI Lanjutan

GUI Lanjutan - Hallo sahabat STREAMING GRATIS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GUI Lanjutan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Java, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GUI Lanjutan
link : GUI Lanjutan

Baca juga


GUI Lanjutan

komponen GUI Java

- Membuat Form Sederhana
Form Sederhana dengan Java

Ubah property name dan text dari masing-masing komponen form menjadi seperti berikut:
Komponen Name Text
jLabel1 lblNama Nama
jLabel2 lblJK Jenis Kelamin
jLabel3 lblHobi Hobi
jLabel4 lblJurusan Jurusan
jTextField1 txtNama Kosong
jRadioButton1 rbLaki Laki-Laki
jRadioButton2 rbPerempuan Perempuan
jCheckBox1 cbHobi1 Makan
jCheckBox2 cbHobi2 Tidur
jCheckBox3 cbHobi3 Internetan
jCheckBox4 cbHobi4 Shopping
listBox1 lstJurusan List Nama Jurusan
jButton1 btnSubmit Submit

Tambahkan code berikut pada btnSubmit
private void btSubmitActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
String nama = "";
String jenisKelamin = "";
String hobi = "";
String jurusan = "";
String info = "";

nama = txtNama.getText();

if (rbLaki.isSelected()) {
jenisKelamin += "Laki-Laki";
} else {
jenisKelamin += "Perempuan";
}

if (cbHobi1.isSelected()) {
hobi += "Makan ";
}
if (cbHobi2.isSelected()) {
hobi += "Tidur ";
}
if (cbHobi3.isSelected()) {
hobi += "Internetan ";
}
if (cbHobi4.isSelected()) {
hobi += "Shopping ";
}

jurusan = lstJurusan.getSelectedValue().toString();

info = "Nama Saya adalah " + nama + "\n.";
info += "Jenis Kelamin : " + jenisKelamin + "\n.";
info += "Hobi : " + hobi + "\n.";
info += "Jurusan : " + jurusan;
JOptionPane.showMessageDialog(null, info);

Form Sederhana dengan GUI Java


- Membuat Kalkulator Sederhana

kalkulator sederhana dengan java



Komponen


Name


Text


jButton1


btn0


0


jButton2


btn1


1


jButton3


btn2


2


jButton4


btn3


3


jButton5


btn4


4


jButton6


btn5


5


jButton7


btn6


6


jButton8


btn7


7


jButton9


btn8


8


jButton10


btn9


9


jButton11


btnTitik


.


jButton12


btnHapus


c


jButton13


btnTambah


+


jButton14


btnKurang


-


jButton15


btnKali


*


jButton16


btnBagi


/


jButton17


btnHasil


=


jTextField1


display


kosong


Source Code:
String angka="";
double hasil, angka1,angka2;
int pilih;

public Kalkulator() {
initComponents();
}

private void btn0ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="0";
display.setText(angka);
}

private void btn1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="1";
display.setText(angka);
}

private void btnTitikActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
angka +=".";
display.setText(angka);
}

private void btn2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="2";
display.setText(angka);
}

private void btn3ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="3";
display.setText(angka);
}

private void btn4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="4";
display.setText(angka);
}

private void btn5ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="5";
display.setText(angka);
}

private void btn6ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="6";
display.setText(angka);
}

private void btn7ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="7";
display.setText(angka);
}

private void btn8ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="8";
display.setText(angka);
}

private void btn9ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka +="9";
display.setText(angka);
}

private void btnTambahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka = "";
pilih = 1;
}

private void btnKurangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka = "";
pilih = 2;
}

private void btnKaliActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka = "";
pilih = 3;
}

private void btnBagiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
angka1 = Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka = "";
pilih = 4;
}

private void btnHasilActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch (pilih ){
case 1 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;

case 2 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;

case 3 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;

case 4 :
angka2 = Double.parseDouble(angka);
hasil = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(hasil);
display.setText(angka);
break;

default :
break;
}
}

private void btnHapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
display.setText("");
angka1=0;
angka2=0;
hasil =0;
angka="";
}


Referensi : Modul Praktikum PBO UKDW


Demikianlah Artikel GUI Lanjutan

Sekianlah artikel GUI Lanjutan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel GUI Lanjutan dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2015/02/gui-lanjutan.html