GUI Dasar

GUI Dasar - Hallo sahabat STREAMING GRATIS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GUI Dasar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Java, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GUI Dasar
link : GUI Dasar

Baca juga


GUI Dasar

1. Komponen Swing dan Manajemen Layout
a. Membuat Frame
Ada 2 cara untuk membuat frame :
- Membuat class yang objek utamanya diinstansiasi dari class JFrame
Contoh:
JFrame frame = new JFrame (“teks….”);
- Membuat class yang diturunkan dari class JFrame.
Contoh:
class Frame extends JFrame { 
}

b. Meletakkan Komponen ke Frame
- Mendeklarasikan komponen-komponen
JLabel namaKomponen = new JLabel (“teks…”);

c. Memilih Layout
- Cara 1 :
getContentPane ().setLayout (new FlowLayout());
- Cara 2 :
Container konten = getContentPane();
Konten.setLayout (new FlowLayout());
- Cara 3 :
frame.add (nama Komponen);

d. Memasukkan komponen-komponen ke Frame
- Cara 1 :
getContentPane().add(namaKomponen);
- Cara 2 :
Konten.add(namaKomponen);

> Pengaplikasian

1. Text Field
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.ActionListener;

public class TextField {
private JFrame layar;
private JLabel l1,l2;
private JTextField tf1;
private JPasswordField psw;
private JButton b1,b2;

//membuat instance dari kelas-kelas tersebut
public TextField(){
layar = new JFrame ("Text Field");
l1 = new JLabel ("Username : ");
l2 = new JLabel ("Password : ");
tf1 = new JTextField (25);
psw = new JPasswordField (25);
b1 = new JButton("OK");
b2 = new JButton ("Cancel");

Container c = layar.getContentPane();
c.setLayout(new FlowLayout());
c.add(l1);
c.add(tf1);
c.add(l2);
c.add(psw);
c.add(b1);
c.add(b2);

b1.addActionListener(new ActionListener() {
public void actionPerformed(ActionEvent ae) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Pastikan Data diisi dengan Benar");
}
});

b2.addActionListener(new ActionListener() {
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent ae) {
tf1.setText(null);
psw.setText(null);
}
});


layar.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
layar.setSize(380,150);
layar.setVisible(true);
}

public static void main(String[] args) {
new TextField();
}
}

program text field sederhana menggunakan java


2. Form Checlist
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;

public class CheckList extends JFrame{

//membuat instance baru dari CheckList
public CheckList(){
JPanel panel1 = new JPanel();
JPanel panel2 = new JPanel();
panel1.setLayout(new GridLayout(3,1));
panel2.setLayout(new GridLayout(3,1));
Container c = this.getContentPane();
c.setLayout(new GridLayout(1,2));
c.add(panel1);
c.add(panel2);

JCheckBox cb1 = new JCheckBox("WIndows");
JCheckBox cb2 = new JCheckBox("Linux");
JCheckBox cb3 = new JCheckBox("Max OS");

panel1.setBorder(BorderFactory.createTitledBorder("Sistem Operasi"));
panel1.add(cb1);
panel1.add(cb2);
panel1.add(cb3);

JRadioButton rb1 = new JRadioButton("Distributor");
JRadioButton rb2 = new JRadioButton("Reseller");
JRadioButton rb3 = new JRadioButton("Partner");

//daftarkan setiap radiobutton sebagai anggota grup
ButtonGroup rbgroup = new ButtonGroup();
rbgroup.add(rb1);
rbgroup.add(rb2);
rbgroup.add(rb3);

panel2.setBorder(BorderFactory.createTitledBorder("Status"));
panel2.add(rb1);
panel2.add(rb2);
panel2.add(rb3);

this.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
this.setLocation(60,60);
this.setSize(300,200);
this.setVisible(true);
}

public static void main(String[] args) {
new CheckList();
}
}

program checklist sederhana menggunakan java

3. Kuas
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class Kuas extends JPanel{
private Point posisi;
private Color warna;

public Kuas(){
addMouseMotionListener(new MMListener());
}

class MMListener extends MouseMotionAdapter {
//tambahkan kode untuk tombol mouse
public void mouseDragged(MouseEvent ev) {
if (ev.isMetaDown()){
System.out.println("Right clicked");
posisi = ev.getPoint();
warna = getBackground();
repaint();
}
else {
posisi = ev.getPoint();
System.out.println("Repaint and clicked at "
+ posisi.x + " "+posisi.y);
warna = Color.RED;
repaint();
}
}
}

public void paintComponent (Graphics g){
g.setColor(warna);
if (posisi != null){
g.fillOval(posisi.x, posisi.y, 10, 10);
}
}

public static void main(String[] args) {
JFrame layar = new JFrame();
Kuas m = new Kuas();
m.setSize(300,300);
Container c = layar.getContentPane();
c.setLayout(null);
c.add(m);
layar.setLocation(200,200);
layar.setSize(300,300);
layar.setTitle("Program Kuas");
layar.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
layar.show();

}
}

program kuas dengan java


Referensi 
Pemrograman Berorientasi Objek dengan Java – Novrido Charibaldi, Agus Sasmito Aribowo


Demikianlah Artikel GUI Dasar

Sekianlah artikel GUI Dasar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel GUI Dasar dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2015/02/gui-dasar.html