Judul : Tehnik-Tehnik Bermotor
link : Tehnik-Tehnik Bermotor
Tehnik-Tehnik Bermotor
1. Kiat oper gigi :
- naikin gigi bebek : tutup gas+injak persneling>lepas persneling+buka gas.
- nurunin gigi bebek : kala motor direm, RPM bakal turun, injak persneling kebelakang+angkat RPM sedikit(buka gas sebentar/bleyer) > tutup gas sambil melepas injakan persneling(harusnya RPM bakal ngegantung di atas lantaran rasio transmisi turun) janganlah menginjak terlampaui lama, kurangi gliding(meluncur dalam keadaan kopling penuh) disaat balapan.
- nambah gigi ayam(kopling manual) : tutup setengah grip gas+tekan kopling + injak persneling>buka gas penuh+lepas kopling. jangan sampai melakukan slip(pindah gigitidak dengan lepas gas) terlampaui tidak sedikit, bikin kopling gosong & hilang traksi biarpun akhirnya dapat lebih langsung. Melakukan penekanan kopling seperlunya, takbutuh tekan kopling jikalau tak bakal edit gigi.
- nurunin gigi ayam : sambil mengurangi kecepatan tekan kopling+injak persneling- naikin RPM mesin(bleyer dikit)+lepas kopling. Sekali lagi, janganlah biasakan meluncurbersama kopling penuh.
2 timing pindah gigi
- speed trap : melakukan perpindahan cocok di RedLine jangan sampai dilebih2, soalnya selewat redline tarikan telah tentu turun & dapat bikin mesin over stress.
- tikungan intermediate (sedang) : laksanakan deselerasi sebelum masuk tikungan sampai kecepatan tertentu & sesuaikan gigi, dulu serentak tarik gas di awal tikungan.Buat mengurangi kecepatan(menyesuaikan bersama tikungan),injak rem belakang slim sambil pantengin gas. Kalo mainin gas kala tikungan mampu bikin lag.
- Tikungan tajam : rem keras sebelum masuk tikungan, sisakan sedikit glide(meluncur) utk laksanakan manuver yg amat tajam & diikuti akselerasi keras terhadap posisi ygpass aman.
3 Trik memainkan gas
- menempel kepada lawan didepan :
- disaat jarak bersama motor didepan telah lumayan dekat, tutup gas sebentar dulu buka seperlunya sampai kecepatan cocok bersama motor depan.
- mengurangi persneling : senantiasa naikkan(bleyer/blipping) RPM tiap-tiap kali mengurangi gigi.
- speed trap : gas poll
- menikung : mainin gas buka 'n tutup kalo belum hapal laju motor bersama variasi bukaan setengah gas.
4 riding posture
- Buat bermanuver bersama kecepatan rendah, posisikan badan kamu semantap kemungkinan, tak butuh mengkhawatirkan rintangan angin.
- dalam kecepatan tinggi bungkukkan tubuh kamu serendah kemungkinan tidak dengan mengurangi pandangan ke depan.
- tikungan kecepatan tinggi, kalo mesti ngerebah, dekatkan tubuh ke jalan utk menurunkan center of gravity & menjaga motor kamu tak selip disaat ngerebah. Catatan :jangan sampai melaksanakan akselerasi yg tiba2
5 start :
- Laksanakan start dgn mengocok gas.
- janganlah dipantengin terlampaui tinggi, kalo ngangkat sulit bawanya. Kala lepas kopling, pindah berat badan kedepan(tekan stir ke tanah) Namun jangan sampaiterlampaui berlebihan, bisa2 ban belakang yg g dapet grip.
6. Jalankan cuma di sirkuit dgn perlengkapan keamanan yg memadai , Semoga Selamat,
Hati2 di jalan, selamat cobalah.
Demikianlah Artikel Tehnik-Tehnik Bermotor
Sekianlah artikel Tehnik-Tehnik Bermotor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Tehnik-Tehnik Bermotor dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2017/01/tehnik-tehnik-bermotor.html