Judul : Kelistrikan Lokomotif
link : Kelistrikan Lokomotif
Kelistrikan Lokomotif
Lokomotif CC-202 merupakan lokomotif yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api (Persero) di Divisi Regional III (Sumatra Selatan). Lokomotif type CC-202 ini secara prinsip adalah merupakan Lokomotif Diesel Elektrik.
Mesin Diesel tersebut adalah sebagai sumber tenaga yang mengubah energi panas menjadi tenaga mekanik putar, yaitu memutar sebuah Generator listrik AC 3 phasa yang berfungsi mengubah tenaga mekanik putar menjadi Energi Listrik. Arus listrik yang telah dihasilkan oleh Generator melalui alat-alat pelayanan dan sistem pengendalian, dialirkan ke Traksi Motor untuk diubah menjadi tenaga mekanik putar untuk memutarkan roda-roda penggerak Lokomotif yang berada di atas rel.
Lokomotif DE (Diesel Elektrik) dibuat oleh General Electric (Lok seri CC-201 dan CC-203) atau juga oleh General Motors (Lok seri CC-202). Dengan kemajuan di bidang elektronika, kedua pabrik pembuat lokomotif telah mengembangkan sistem kelistrikan pada sistem pembangkit listrik, dengan tegangan Alternator AC (bolak-bolak) yang sebelumnya adalah Generator DC (rata), telah mengadakan perubahan pada sistem pelayanan dengan menggunakan perangkat semi konduktor yang berupa Transistor, IC, Kondensator, Resistor, SCR, Diode, atau dan lain-nya yang terangkai dalam satu Modul sesuai dengan fungsi masing-masing.
Data teknik lokomotif
Lokomotif- Model: G 26 MC-2
- Jenis/Roda penggerak: CC 202/6 Roda penggerak
- Berat/Tekanan gandar: 108 Ton/10 Ton
- Model: 645 E
- Cara kerja: 2 Tak
- Jumlah silinder: 16 Silinder "V"
- Main generator: 3 Phase bolak-balik
- Exiter: 3 Phase bolak-balik
- Aux. generator: 3 Phase bolak-balik
- Mula gerak mesin diesel: 2 Buah star motor
- Sistem pengereman: Rem udara tekan dan rem dinamik
- Kompresor: Wbo dengan pendingin air
- Traksi motor: Dc motor type D 29
- Sistem pelayanan: Elektronik/Modul-modul
- Perlengkapan khusus: 2 Unit radio komunikasi
- Perekam kecepatan: Magnetik tape recorder
- Kabin masinis: Satu kabin, satu meja pelayanan
- Batteray: 74 Volt
Demikianlah Artikel Kelistrikan Lokomotif
Sekianlah artikel Kelistrikan Lokomotif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Kelistrikan Lokomotif dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2015/01/kelistrikan-lokomotif.html