Judul : Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima
link : Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima
Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima
Kewirausahaan Pelayanan Prima
A. Pengertian
Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau pelayanan terbaik yang diberikan oleh seorang penjual kepada konsumennya, oleh karena itu pelayanan prima merupakan salah satu indikator dan cara sebuah usaha atau perusahaan mengukur keberhasilan dalam produknya dan pelayanannya terhadap konsumen, sedangakan pentingnya pelayanan prima sendiri merupakan cara agar sebuah usaha tetap dapat bersaing dengan para pesaingnya karena pelayanan yang prima akan membuat konsumen merasa nyaman dengan kita atau penjual.
B. Tujuan Pelayanan Prima
Tujuan pelayanan prima sendiri adalah untuk memuaskan pelanggan terhadap barang dan jasa yang kita berikan kepada mereka dan memenuhi semua keinginan pelanggan, selain itu untuk memenuhi tujuan pelayanan prima diperlukan kualitas pelayanan yang sangat baik dan memuaskan.
C. Konsep-Konsep Pelayanan Prima
Dalam konsep pelayanan prima biasanya konsep ini digunakan dalam pengisian proposal kewiraushaan dan didalam konsep pelayanan prima adalah sebagai berikut:
D. Keinginan Pelanggan
Dalam bentuk pelayanan prima hal yang paling utama untuk menganalisa bagaimana cara melakukan pelayanan prima adalah dengan memperhatikan keinginan pelanggan, adapun keinginan pelanggan adalah sebagai berikut:
E. Contoh Pelayanan Prima
Pelayanan STNK dan BPKB di Kantor Kepolisian
Pelayanan dilakukan dengan tertib, dan antre dengan menggunakan nomer urut agar tidak terjadi saling srobot , ada petugas informasi dan setiap informasi penting ditempelkan disetiap sudut ruangan, dan kecepatan dalam pengurusan STNK dan BPKB motor atau mobil serta pelayanan yang tersebar sehingga tidak terlalau banyak antree karena membludaknya orang-orang yang akan mengurus STNK dan BPKB kendaraan mereka, yang dilakukan polisi tersebut merupakan contoh bagaimana menerapakan pelayanan prima kepad setiap pengguna jasa.
F. Berikut adalah contoh pengisian pelayanan prima dalam proposal kewirausahaan
Pelayanan Prima
Kami menggunakan konsep pelayanan prima diantaranya adalah:
1. Konsep Attitude (Sikap)
a) pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk antara lain
b) sebagai berikut:
c) pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi dengan berbusana yang rapi dengan ekspresi wajah penuh senyum
d) pelayanan dengan berpikir positif
e) tidak memanfaatkan dan mencari kelemahan calon pembeli
f) tidak bersikap acuh terhadap pembeli
g) melayani pembeli secara terhormat
h) pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
i) tutur bahasa yang baik, disertai senyum ramah
j) sikap sopan santun
k) melayani dengan memuaskan
l) mendengarkan saran/kritikan pembeli
m) mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
n) mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
o) tidak ada unsur pemaksaan
2. Konsep Attention (Perhatian)
a) Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya
b) Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli.
c) Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli.
d) Berusaha mewujudkan keutuhan pembeli dengan cepat.
e) Menghargai setiap pendapat dan saran yang diajukan pembeli.
f) Menjelaskan kembali setiap pesanan.
3. Konsep Action (Tindakan)
a) Mempercepat pelayanan.
b) Memudahkan dalam pencarian dan pengembalian barang.
c) Menegaskan cara pembayaran (kontan, kredit)
d) Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.
e) Barang sudah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan.
f) Mengerjakan dengan tepat waktu
A. Pengertian
Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau pelayanan terbaik yang diberikan oleh seorang penjual kepada konsumennya, oleh karena itu pelayanan prima merupakan salah satu indikator dan cara sebuah usaha atau perusahaan mengukur keberhasilan dalam produknya dan pelayanannya terhadap konsumen, sedangakan pentingnya pelayanan prima sendiri merupakan cara agar sebuah usaha tetap dapat bersaing dengan para pesaingnya karena pelayanan yang prima akan membuat konsumen merasa nyaman dengan kita atau penjual.
B. Tujuan Pelayanan Prima
Tujuan pelayanan prima sendiri adalah untuk memuaskan pelanggan terhadap barang dan jasa yang kita berikan kepada mereka dan memenuhi semua keinginan pelanggan, selain itu untuk memenuhi tujuan pelayanan prima diperlukan kualitas pelayanan yang sangat baik dan memuaskan.
C. Konsep-Konsep Pelayanan Prima
- Konsep Sikap (attitude)
- Konsep Perhatian (attention)
- Konsep tindakan (action)
D. Keinginan Pelanggan
Dalam bentuk pelayanan prima hal yang paling utama untuk menganalisa bagaimana cara melakukan pelayanan prima adalah dengan memperhatikan keinginan pelanggan, adapun keinginan pelanggan adalah sebagai berikut:
- Dilayani dengan cepat,tepat,akurat,murah ,mudah dan lain-lain.
- Diberlakukan dengan sungguh-sungguh, penuh hormat dan adil
- Tindak lanjut sesegera mungkin
- Didengarkan
- Pemberian harga barang yang wajar dan kompetitif
- Layanan purnajual
E. Contoh Pelayanan Prima
Pelayanan STNK dan BPKB di Kantor Kepolisian
Pelayanan dilakukan dengan tertib, dan antre dengan menggunakan nomer urut agar tidak terjadi saling srobot , ada petugas informasi dan setiap informasi penting ditempelkan disetiap sudut ruangan, dan kecepatan dalam pengurusan STNK dan BPKB motor atau mobil serta pelayanan yang tersebar sehingga tidak terlalau banyak antree karena membludaknya orang-orang yang akan mengurus STNK dan BPKB kendaraan mereka, yang dilakukan polisi tersebut merupakan contoh bagaimana menerapakan pelayanan prima kepad setiap pengguna jasa.
F. Berikut adalah contoh pengisian pelayanan prima dalam proposal kewirausahaan
Pelayanan Prima
Kami menggunakan konsep pelayanan prima diantaranya adalah:
1. Konsep Attitude (Sikap)
a) pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk antara lain
b) sebagai berikut:
c) pelayanan pelanggan dengan penampilan serasi dengan berbusana yang rapi dengan ekspresi wajah penuh senyum
d) pelayanan dengan berpikir positif
e) tidak memanfaatkan dan mencari kelemahan calon pembeli
f) tidak bersikap acuh terhadap pembeli
g) melayani pembeli secara terhormat
h) pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai
i) tutur bahasa yang baik, disertai senyum ramah
j) sikap sopan santun
k) melayani dengan memuaskan
l) mendengarkan saran/kritikan pembeli
m) mendengar dan mencatat setiap pesanan pembeli
n) mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli
o) tidak ada unsur pemaksaan
2. Konsep Attention (Perhatian)
a) Mendengarkan tutur kata pembeli mengenai kebutuhannya
b) Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan pembeli.
c) Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli.
d) Berusaha mewujudkan keutuhan pembeli dengan cepat.
e) Menghargai setiap pendapat dan saran yang diajukan pembeli.
f) Menjelaskan kembali setiap pesanan.
3. Konsep Action (Tindakan)
a) Mempercepat pelayanan.
b) Memudahkan dalam pencarian dan pengembalian barang.
c) Menegaskan cara pembayaran (kontan, kredit)
d) Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.
e) Barang sudah dicatat, ditegaskan kembali agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan.
f) Mengerjakan dengan tepat waktu
Demikianlah Artikel Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima
Sekianlah artikel Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Materi Kewirausahaan Pelayanan Prima dengan alamat link https://sebuahteknologi.blogspot.com/2013/11/materi-kewirausahaan-pelayanan-prima.html